DIII Manajemen Informatika
Jurusan Manajemen Informatika merupakan bagian dari pengembangan Politeknik Negeri Sriwijaya dimana pada tahun 2002/2003 dikembangkan jurusan baru yaitu Manajemen Informatika, yang pendiriannya ditetapkan melalui surat Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) nomor 2800/D/T/2001 pada tanggal 30 Agustus 2001.
DIII Manajemen Informatika memperoleh akreditasi peringkat “B” pada tanggal 16 Februari 2021 dengan nomor SK 846/SK/BAN-PT/Akred/Dipl-III/II/2021. Mahasiswa DIII Manajemen Informatika akan memperoleh gelar AMd. Kom setelah lulus kuliah.
Profil Lulusan
1. | Pemrogram Mobile Pratama | Lulusan ini diharapkan dapat mengembangkan aplikasi berbasis mobile dengan kriteria kemampuan: – Menunjukkan Platform Operating System dan Bahasa Pemrograman di dalam Perangkat Lunak; – Merancang Database dan Data Persistence pada Mobile Data; – Menyusun Mobile location Based Service, GPS dan Mobile Navigation; – Merancang Mobile Interface; – Menjelaskan Dasar-dasar Mobile Security; – Menjelaskan Mobile Sensor dan Spesifikasi Teknisnya untuk Mobile Computing; – Menentukan Mobile Seluler Network. |
2. | Pemrogram Web | Lulusan ini diharapkan dapat mengembangkan aplikasi berbasis web dengan kemampuan: – Menggunakan struktur data; – Mengimplementasikan user interface; – Melakukan instalasi software tools pemrograman; – Menulis kode dengan prinsip sesuai guidelines dan best practices; – Mengimplementasikan pemrograman terstruktur; – Menggunakan library atau komponen pre-existing; – Membuat dokumen kode program; – Melakukan debugging. |
3. | Sistem Analis | Lulusan ini diharapkan mampu menjadi seorang analis sistem dengan kemampuan: – Mengaplikasikan metodologi pengembangan perangkat lunak; – Melakukan identifikasi sumber kebutuhan; – Menentukan teknik elisitasi yang sesuai; – Melakukan klasifikasi dan alokasi kebutuhan perangkat lunak; – Melakukan negosiasi kebutuhan perangkat lunak; – Menyusun spesifikasi kebutuhan dokumen sistem; – Menyusun spesifikasi kebutuhan software environment; – Menyusun spesifikasi kebutuhan perangkat lunak; – Meninjau ulang (review) kebutuhan perangkat lunak melalui spesifikasi dan prototipe; – Melakukan validasi model dan uji penerimaan pengguna; – Merancang struktur perangkat lunak; – Merancang user interface (UI); – Merancang user experience (UX). |
Kurikulum DIII Manajemen Informatika
Semester 1
Semester 2
Semester 3
Semester 4
Semester 5
Semester 6